Info Teknik Sipil

8/17/2013

cara menghitung kebutuhan Batu Bata

kali ini postingan yang ingin saya muat yaitu tentang kebutuhan batu bata merah. kadang bisa dianggap sepele dalam perhitungan untuk membuat anggaran biaya membangun rumah, namun perlu diperhitungkan semua kebutuhan bahan-bahan bangunan sebelum memulai pekerjaan.
menurut pengalaman saya dan pengalaman para mandor (heee..) dalam menentukan kebutuhan batu bata, kita harus mengetahui luasan tembok atau pasangan batanya. tapi efektif dan efesiennya, dalam menentukan jumlah bata yang ingin kita pakai adalah dengan mengetahui dulu volume bata merah yang efektif yang ingin kita gunakan, maklum di pasaran beda beda ukurannya. mari kita simak berikut...
misal kita mau menggunakan ukuran bata merah berdimensi 20 cm x 10 cm x 5 cm.
kita menghitung per meter perseginya.
yang akan kita gunakan ukuran panjang dan tingginya.
dengan panjang 20 cm dan adukan tebalnya 3 cm, maka untuk 1 meter berarti (100:23) = 4,34 bh (1 meter ke samping)
untuk 1 meter ke atas (100:8) = 12,5 bh.
maka kita dapatkan kebutuhan bata merah untuk 1 meter persegi nya, yaitu 4,34 x 12,5 = 54,25 bh bata merah. atau di bulatkan 55 bh,  bila kita kawatir ukuran bata merah yang kita pesan lebih besar dari perhitungan ini, bisa kita kalikan dengan faktor kawatir (heee....) kita ambil 10 % deh, maka menjadi 60 bh.

mungkin rekan pembaca lebih tahu dan faham tentang ulasan di atas, namun kiranya saya ingin berbagi dan belajar terus belajar..
semoga ada manfaatnya!!....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara menghitung kebutuhan Batu Bata

0 komentar:

Posting Komentar